Trik Membeli Tiket Kereta Api Online  

Kereta api menjadi salah satu angkutan yang paling banyak sekali dipilih dan dianggap paling efektif untuk bisa menjadi pilihan jika anda ingin melakukan perjalanan jauh. Ini adalah salah satu kendaraan cepat yang bisa memberikan penawaran perjalanan yang sangat nyaman dan bebas dari macet dan tentu saja dengan biaya yang sangat murah. Tak heran jika akhirnya ada banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api. Terutama saat ini pemesanan untuk tiket kereta juga semakin mudah dengan adanya sistem tiket kereta api online. Dan jika anda berencana untuk membeli tiket secara online ada beberapa cara yang bisa anda pilih dengan lebih mudah diantaranya :

Cobalah melakukan reservasi dan pesat tiket kereta H-90 sebelum berangkat

PT KAI biasanya sudah menjual tiket kereta api sejak H-90 sebelum anda berangkat. Dan ketersediaan tiket ini sendiri berlaku bukan hanya di beberapa situs resmi dari KAI dan Loket KAI, namun anda juga bisa pesan tiket kereta ini beberapa situs penjualan yang memang sudah bekerja sama dengan PT KAI. Dengan adanya ketersediaan tiket kereta ini tentu saja akan lebih memudahkan anda untuk memesan tiket jauh – jauh hari sebelum anda berangkat. Karena ini akan membantu anda untuk mempersiapkan banyak hal sebelum anda berangkat sehingga saat anda berangkat juga akan menjadi lebih tenang. Nah, jika anda memang berencana akan melakukan perjalanan dalam waktu yang ramai atau bahkan saat lebaran atau high season maka anda bisa membeli tiket jauh – jauh hari sehingga anda tidak akan kehabisan tiket untuk liburan.

 

Pesan tiket dengan mempertimbangkan waktu

Untuk tiket kereta api murah sendiri biasanya pertama kali diluncurkan untuk umum ketika pukul 00.00 WIB untuk setiap harinya. Bisa dikatakan ini adalah waktu yang tepat dan waktu paling ramai orang – orang membeli tiket kereta api dan biasanya server bisa down karena banyak sekali calon pembeli yang ingin membeli. Dan perbuatan ini akan semakin terlihat ketika menjelajah high season hingga lebaran. Oleh karenanya untuk mendapatkan tiket akan semakin sangat sulit. Namun jika anda tidak bisa mendapatkan tiket di jam yang sudah ditentukan, maka anda bisa menunggu 1 hingga 3 jam setelahnya untuk bisa mendapatkan tiketnya. Hal ini karena orang – orang yang membeli tiket di waktu itu sudah tidak lagi ramai dibandingkan waktu awalnya. Dan yang perlu anda ingat juga adalah PT  KAI biasanya hanya memberikan waktu 3 jam untuk anda sebagai calon pembeli untuk melunasi pembayaran tiket. Nah jika dalam waktu tersebut anda tidak bisa melunasinya maka tiket anda akan diberikan pada orang lain dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Nah jika anda memang gagal saat mendapatkan tiket jam 12 malam maka anda bisa mencobanya kembali di jam 3 pagi sehingga anda bisa mendapatkan tiket murah.

 

Pilihlah metode pembayaran yang paling memudahkan anda

Sebenarnya memilih tiket kereta online menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk anda. Karena proses pembayarannya juga sangat banyak.Selain hanya menggunakan metode transfer, dalam sistem pembelian online anda bisa melakukan pembayaran melalui debit, ATM, mobile banking, kartu kredit, e banking, beberapa merchant yang sudah bekerja sama hingga ada juga yang menyediakan fitur dengan dompet online. Dengan ada banyak sekali pilihan untuk proses pembayarannya, anda bisa memilih salah satunya yang memang anda anggap paling memudahkan untuk anda dalam proses membayarkannya. Dengan begitu anda bisa tiket kereta yang anda beli nantinya bisa anda gunakan tanpa ada masalah yang berarti.

 

Anda harus memastikan jika koneksi internet anda stabil

Masalah lain yang harus menjadi pertimbangan adalah adalah koneksi. Anda ada baiknya mempertimbangkan koneksi internet yang harus benar – benar stabil. Karena dengan koneksi internet yang stabil tentu saja akan memudahkan anda dalam melakukan proses pemesanan dengan cepat dan juga lebih lancar. Hampir semua orang mungkin sadar jika memesan tiket kereta api memang harus rebutan dan harus cepat cepatan dengan banyak sekali calon dari pembeli lainnya. Apalagi pada saat anda akan memesan tiket kereta ada juga diharuskan untuk mengisi beberapa data penumpang lain yang harus anda isi dengan lengkap dan benar. Nah jika koneksi internet anda dalam keadaan tidak stabil. Maka bisa jadi nanti akan gagal pada saat anda akan membeli tiket karena internet nantinya akan tiba – tiba menjadi melambat dan putus sehingga pada saat anda memasuki tahapan untuk validasi data dari penumpang akan gagal, ini akan sangat beresiko jika anda sulit melakukan pembayaran. Karena jika koneksi internet lemot akan membuat prosesnya gagal dan akhirnya tiket yang tadinya ingin anda beli sudah dibeli dengan penumpang lainnya. Mungkin juga masih ada tiket yang sama namun beda karena harga tiket kereta api sudah naik.

 

Mencari Situs lain selain Situs KAI

Jika bicara soal pemesan tiket kereta api lain, maka pemesanan tiket kereta api lain bisa anda lakukan dengan cara online, anda bisa mengandalkan beberapa tempat dan situs resmi yang bekerja sama dengan KAI untuk melakukan proses pemesanan tiket. Nah, untuk ingin menghindari kemungkinan ada banyak orang yang membeli tiket yang sama di waktu yang sama dengan anda. Maka anda bisa mencoba beberapa situs resmi lain yang bisa menjadi alternatif untuk anda melakukan pemesanan tiket.

Dan saat ini bahkan bukan hanya di supermarket waralaba namun di beberapa situs belanja online juga sudah banyak yang menyediakan tiket kereta api. Mereka juga memberikan banyak sekali fitur unggulan sehingga bisa memudahkan anda dalam melakukan proses pembayaran untuk tiket kereta api yang anda beli. Proses pembeliannya juga lebih mudah, bahkan ada beberapa fitur yang memudahkan anda untuk mengisi data penumpang sehingga data tersimpan dan mempercepat anda untuk membeli tiket di kemudian hari.

f

Beberapa fitur lain yang tersedia di belanja online juga tak kalah menarik. Karena memiliki metode pembayaran yang jauh lebih beragam dan jauh lebih memudahkan anda pada saat akan melakukan proses pembayaran. Misalnya jika anda sebelumnya sudah melakukan top up ke situs belanja online, maka anda bisa menggunakan uang anda yang ada di aplikasi ini untuk membayarkan tiket anda. Ini akan sangat memudahkan anda bukan. Walaupun nantinya akan ada biaya untuk tiket kereta api tambahan . Dimana ini ada biaya administrasi untuk anda yang tidak terlalu mahal. Rata – rata biayanya 5000 rupiah per tiket atau per sekali pemesanan.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk anda membeli Tiket Kereta Api dengan cara online. Selain memang sangat mudah dan sebenarnya ini adalah cara yang paling efisien untuk anda yang memang tidak ada waktu mengantri di loket atau berada di jarak yang cukup jauh untuk ke loket PT KAI di stasiun.